28
Mar
11

Teknologi Pengaman Motor

Maraknya pencurian motor di Indonesia sekarang ini sudah harus ditanggapi serius. Adu pintar antara pemilik motor dengan pengambil motor harus dilakukan. Beberapa cara untuk paling tidak mengamankan motor dari pengambil motor antara lain

Pertama, karena Anda cuma beberapa menit menyelesaikan urusan Anda, jangan pernah berpikir bahwa itu waktu yang sebentar. Pencuri butuh waktu lebih singkat untuk membawa kabur kendaraan Anda. Kebanyakan kasus pencurian yang saya dengar dari teman atau baca, terjadi di ATM, minimarket, warung, atau tempat publik yang agak sepi, tapi rata-rata sang pemilik hanya butuh waktu beberapa menit menyelesaikan urusannya. Ingat, pencuri cuma butuh waktu kurang dari 10 detik. So, sesebentar apapun anda meletakkan motor anda, jangan lupa DIKUNCI.

Kedua, kunci ban adalah pengaman yang efektif. Pencuri umumnya cuma bermodalkan sebilah kunci T. Kunci ban menggunakan sistem kunci yang berbeda berbentuk seperti logo Nazi, sehingga agak sulit untuk membukanya dengan kunci T.

Ketiga, memasang alarm adalah salah satu alternatif yang memberikan pengamanan lebih. Ada banyak jenis alarm yang bisa dipilih, mulai dari yang bersuara hingga yang ketika dioper giginya mesin mati otomatis.

Berikut ini teknologi-teknologi yang bisa diambil untuk memilih alarm atau pengaman elektrik motor:

Alarm sensor sentuh


Keuntungan alat ini:

1. Meskipun kunci kontak tertinggal di motor anda dan mesin dalam keadaan mati, motor anda akan tetap aman dari pencurian.

2. Jika anda / putra-putri anda pada suatu saat di tengah perjalanan ditodong untuk di minta motornya, anda tidak usah khawatir, daripada nyawa taruhannya serahkan saja motor anda, satu hal yang harus diingat, hanya dengan mematikan kunci kontak sepeda motor otomatis system pengaman sepeda motor akan bekerja dan sepeda motor anda akan aman dan jiwa anda tidak terancam.

3. Jika rumah anda dalam keadaan kosong dan ditinggal pergi, maka anda tidak perlu khawatir terhadap keamanan sepeda motor anda di rumah karena pencuri hanya bisa menuntun sepeda motor anda.

4. Jika seluruh orang dilingkungan anda memasang alat ini, jika pada siang atau malam hari ada orang yang menuntun sepeda motor maka security atau warga layak mencurigai dan bertanya kepada penuntun sepeda motor tersebut.

5. Keunggulan system alat ini: garansi alat 1 tahun, bekerja secara otomatis, beralarm, dapat mengantisipasi dalam keadaan darurat, pemasangan tidak pada CDI atau Ignition Coil, dalam keadaan parkir tidak ada strum yang terpakai sehingga accu tetap awet.

“BISA DIGUNAKAN DI BERBAGAI JENIS MOTOR”

(YAMAHA), (HONDA) , (SUZUKI), (KAWASAKI), (BAJAJ), dll.

SYSTEM KERJA ALAT: pada saat kunci kontak sepeda motor “off” maka secara otomatis system electric sepeda motor akan “off”, pada saat kunci kontak sepeda motor di-“on”, maka system electric akan tetap “off”, agar system electric “on”, maka perlu sentuhan pada sensor dari pemilik sepeda motor yang teletak sesuai dengan selera pemilik sepeda motor, jika dalam ±5 detik sensor tidak disentuh maka alarm akan berbunyi. untuk menghindari faktor kebetulan, maka sensor di pasang dalam 2 titik /lokasi berbeda.

Alat ini tidak dijual bebas, akan tetapi dengan system keagenan (individual agen)

ALARM SMS


Tingginya tingkat pencurian motor saat ini harus diwaspadai para pemilik motor. Untuk itu, motor perlu dipasang pengaman tambahan. Dengan alat pengaman konvensional yang selama ini dikenal, tetap saja, maling bisa melumpuhkan. Bahkan dalam hitungan detik.

Untuk itu pemilik motor mesti lebih canggih lagi ketimbang malingnya. Tentunya, juga pakai alat yang canggih pula. Sekarang sedang berkembang alat pelacak motor dengan teknologi satelit atau disebut juga tracking.

Sistem kerjanya dengan menggunakan bantuan satelit. Satelit di orbit bumi ini mengirimkan sinyal yang menunjukkan posisi motor, lalu diterima oleh telepon genggam dengan menggunakan teknologi General Packet Radio Service alias GPRS.

GPRS merupakan teknologi baru yang memungkinkan para operator jaringan komunikasi bergerak menawarkan layanan data. Dengan alat ini posisi motor yang digondol maling bisa langsung diketahui keberadaannya.

Alat dengan merek I-Guard ini juga bisa berfungsi sebagai alarm yang dapat bermanfaat untuk mematikan mesin motor melalui SMS. Cuanggih kan?

I-guard memakai teknologi GPRS untuk mengirimkan pesan di mana posisi motor. Pesan yang diterima oleh pemilik motor di handphone dalam bentuk koordinat.

Selanjutnya koordinat bisa dibaca dengan memakai google earth atau bisa juga memakai sofware yang lainnya. Dengan koordinat secara pasti akan diketahui berada dimana kendaraan yang dicuri itu.

“Alat yang dipasang di motor, harus dites kekuatannya. Maklum, teknologi ini jika dipasang di motor butuh ketahanan dibanding jika dipasang di mobil. Terutama tahan terhadap guncangan dan air saat terkena guyuran hujan,” buka Jaya, juragan Vilanishop, penjual I-guard.

Cara kerjanya, untuk mengirimkan posisi motor ke handphone pemiliknya, di motor dipasang kartu yang mirip kartu GSM. Lalu dalam kartu ini dimasukkan nomor handphone pemilik motornya.

Apabila motor digondol maling, pemilik tinggal mengirimkan SMS ke nomor kartu yang dipasang di motor. Lalu kartu secara otomatis nomor di motor mengirimkan pesan dalam bentuk posisi kordinat dengan bantuan satelit.

Selain dapat mengirimkan letak dan posisi motor, alat ini juga bisa mengetahui kecepatan motornya. Kecepatannya bisa diseting.

“Untuk mematikan mesin motor pun bisa melalui SMS yang dikirim empunya motor. Karena alat ini sudah dilengkapi software khusus untuk itu,” lanjut Jaya yang berkantor di kompleks Vila Nusa Indah 3, Bekasi, Jawa Barat.

Fungsi alarmnya bisa dipakai jika motor yang sedang diparkir diutak-atik orang. Alarm yang pertama kali akan berfungsi mengalihkan perhatian orang. Bisa disebut alat ini multifungsi, yaitu sebagai alarm, mematikan mesin dan sekaligus melacak keberadaan motor yang memang lagi dicari. Praktis kan.

Pemasangannya disambungkan pada sistem kelistrikan di motor. “Walau begitu kalau mesin motor mati. I-guard masih bisa mengirimkan SMS,” ujar pria yang bisa dihubungi di telepon (021) 68837445 sambil merahasiakan resepnya.

Alat ini hanya mengandalkan pulsa untuk mengirimkan SMS. Karena memakai teknologi GPRS, sifatnya realtime alias waktu saat itu juga. Bisa dipakai kapan dan di mana saja, selama sinyal telepon masih terjangkau.
sumber : www.motorplus-online.com

Gembok alarm


Gembok alarm mempunyai bunyi dengan radius sampai 100m sangat berguna untuk menjaga dari pencurian motor, rumah, toko, gudang, dll. Cara bekerja: Gembok ini bisa bekerja sebagai gembok biasa, dan apabila baja yg berbentuk U dibalik maka akan bekerja sebagai alarm, dan apabila gembok di goyangkan akan menimbulkan bunyi yang sangat keras. Gembok ini memakai Batterai A3 ( Apabila bunyi alarm sudah lemah maka perlu di ganti batterai A3).

Motor GPS Tracker / GPS Pelacak Motor Indotracking


Tingkat pencurian motor masih relatif tinggi. Indotracking hadir dengan solusi GPS Tracker untuk sepeda motor. GPS / GSM / GPRS  Tracking dengan fitur tracking dan stop engine untuk sepeda motor. Sehingga fungsinya selain sebagai pelacak sekaligus bisa juga sebagai pengaman motor. GPS Tracker ini juga bisa dipasang di mobil.
Fitur Utama :

– Lacak Posisi, kecepatan dan arah kendaraan saat ini juga

– Lihat laporan perjalanan selama 31 hari

– Bisa mematikan mesin mobil jarak jauh dengan SMS/HP

– Tidak panik saat hilang, lacak posisi terakhirnya

Mekanik Technology

Teknologi ini sudah umum digunakan dan terbukti aman. tidak memerlukan banyak biaya. Teknologi ini yaitu Gembok dan Kunci motor tidak standart (bentuk tidak standart) dan Pengaman tutup lubang kunci motor. Gembok yang sudah sering digunakan masih marak digunakan saat ini sebagai pengganti dan pelengkap kunci cakram. Selain itu anda dapat mengganti bentuk kunci dan rumah kunci tidak standart. Di pasaran banyak dijual. Ada model Nazi, dan model lingkaran, yang terbukti tidak dapat dibobol dengan kunci T yang biasa digunakan para pengambil motor. Untuk motor baru, teknologi penutup lubang kunci sudah langsung diaplikasikan guna mencegah penggunaan kunci T untuk merusak lubang kunci motor.


14 Tanggapan to “Teknologi Pengaman Motor”


  1. 1 mahmudin
    Mei 8, 2011 pukul 12:42 PM

    kalo sms alaram motor harga nya berapa.bisa oll oprator selular ga?

  2. 2 adji
    Agustus 15, 2011 pukul 12:37 PM

    gimana cara pesan nya

  3. 4 proton81
    September 14, 2011 pukul 4:12 PM

    proton81 say : postnya oke gan informasinya sangat membantu ..kebetulan agan yg mau pasang securty system bisa hubungi saya di 02197211496 harganya bervariasi tergantung tekhnology ama kebthan….. …..dari yg 300 an sampai 1 jutaan…..klo ada waktu mampir gan http://www.kaskus.us/showthread.php?p=511306179#post511306179…..maaf gan brother squad jadi promosi nih…..hehehe moga blognya lancar jaya……sukses

    • 5 acc brother squad
      September 14, 2011 pukul 4:20 PM

      OKE gan.. ga pa… tar kalo banyak agan yang mau taruh lapak diweb ini akan saya sediakan halaman khusus buat lapak gan… 🙂 hehe
      thank u infona

  4. September 26, 2011 pukul 3:07 PM

    mau buat alarm sms, someone can tell me hqw ?

  5. 7 nurdin
    Januari 29, 2012 pukul 8:57 PM

    sy mau pesan alarm sms, bsa dikirim cara kerja detailnya, gmn carapsnnya, berapa duit, thank’s

  6. Februari 11, 2012 pukul 11:46 PM

    tolong tunjukin alamat toko yang bisa saya hubungi untuk wlayah sekitar cileungsi dan bantar gebang. Thanks ya

  7. 10 oyen
    Juni 22, 2012 pukul 2:51 PM

    klo boleh tau, ini bisa beli dimana, krn sy tinggal di jakarta timur. spesifikasinya donk bos, di toko mana ?
    thanx ya boss..

  8. 11 Abbo
    Februari 11, 2013 pukul 12:42 PM

    boleh tuh gan,,saya reseller d bdg yh..contactny kemana nih?

  9. Mei 28, 2013 pukul 1:58 AM

    harganya berapa bos yg bisa memetikan mesin lewat sms

  10. 14 nando
    September 4, 2013 pukul 8:37 PM

    nama fb nya apa mas bro


Tinggalkan komentar


ACC BROTHER SQUAD

Calendar

Maret 2011
M S S R K J S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Comments

have visited

  • 541.525 times, thank you

Page Rank

Administrator’s facebook